Capaian Pembelajaran (Learning Outcome).

  1. Kemampuan di bidang kerja, mampu menganalisis, merancang dan mengembangkan Teknik Material dan Manufaktur, yakni pengolahan bahan baku logam dan non-logam, proses dan perencanaan manufaktur, dan Teknik Konversi Energi yakni menguasai mesin-mesin konversi, analisis dan perilaku konversi energi dan energi terbarukan yang terdapat pada industri manufaktur barang dan jasa serta industri energi dan utilisasinya, baik secara mandiri maupun kelompok dengan penuh tanggungjawab terhadap profesi keilmuan yang dikuasainya.
  1. Pengetahuan yang dikuasai,memiliki penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang ilmu teknik mesin yang meliputi optimasi desain, analisis dan penerapan perilaku rekayasa mekanika bahan dan proses manufaktur pada bidang ilmu teknik material dan manufaktur serta teknik konversi energi dan utilisasi energi terbarukan, yang menghasilkan inovasi karya penelitian dan teknologi tepat guna untuk masyarakat.
  1. Kemampuan Manajerial,memiliki jiwa technopreneur dan bisa bekerjasama dengan multidisiplin ilmu dengan nilai-nilai etika profesi, kepemimpinan dan organisasi, serta mampu mengembangkan kerjasama dalam lingkup multidisiplin ilmu yang lebih luas secara efektif.
  1. Sikap dan Tata Nilai, secara mandiri mampu menerapkan kepribadian positif yakni bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha esa, memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya, mampu mengembangkan IPTEKS, berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia, mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya, menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan dan agama serta pendapat orang lain dan menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat mendahulukan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi dan golongan.