Indonesia Energy Marathon Challange 2014

Indonesia Energy Marathon Challange 2014

1

Tim mahasiswa jurusan Teknik Mesin S-1 Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang meraih prestasi dan hasil yang menggembirakan di Kejuaraan Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) 2014. Pada kejuaraan yang berlangsung di sirkuit Kenjeran Surabaya ini, mobil karya mahasiswa Teknik Mesin S-1 ITN itu berhasil meraih juara III untuk kategori Urban Gasolin. Acara yang diselenggarakan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (DIKTI) dan bekerja sama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dimulai pada hari Rabu 15 Oktober s.d Minggu 19 Oktober 2014 di Ken Park Circuit, Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur

Mobil rakitan karya mahasiswa Teknik Mesin S-1 ITN Malang yang diikutkan pada kejuaraan IEMC 2014 bernama tim U.A.R.T (Uber Alles Racing Team) yang mampu menunjukkan sebuah karya mobil irit di kategori Urban Gasolin. Dengan hasil ini mobil karya tim U.A.R.T terus dibenahi untuk disiapkan tampil di ajang Shell Eco-marathon International pada periode tahun-tahun selanjutnya.

2

Mobil U.A.R.T ITN Malang Memasuki Lintasan Sirkuit

34

Persiapan Mobil U.A.R.T Menjelang Start Lomba

Saat tampil di sirkuit Kenjeran lalu, mobil U.A.R.T mampu menunjukkan keiritannya yakni dengan hanya menghabiskan bensin 132 ml (mililiter) untuk delapan kali putaran atau 12 km (kilometer), padahal batas maksimal yang ditentukan panitia adalah 200 ml. Keiritan tersebut karena mobil U.A.R.T telah dimodifikasi sedemikian rupa mulai dari bentuknya hingga mesinnya. Dari sisi bentuk, mobil ini didesain aerodinamis dengan model kaca depan landai sehingga bisa meminimalisir terpaan angin. Bentuk desain mobil terinspirasi dari bentuk katak terbang yang memiliki bodi dinamis sehingga bisa terbang tinggi. Hal lain yang membuat mobil ini irit adalah karena bobotnya yang ringan hanya mencapai 15 kilogram. Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah modifikasi mesin dengan sistem injeksi. Mereka memanfaatkan berbagai merk untuk kemudian dipadukan. Dengan modifikasi ini maka pencampuran bahan bakarnya menjadi optimal.

Video Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) 2014 U.A.R.T ITN Malang