Kompetensi utama lulusan program studi Teknik Mesin S-1 ITN Malang :

  1. Mampu menerapkan konsep dasar Matematika, fisika dan sistem mekanis untuk menyelesaikan permasalahan di bidang ilmu teknik mesin.
  2. Mampu merancang dan mengembangkan bahan-bahan teknik yang meliputi kelompok ilmu bahan logam dan non-logam, proses manufaktur dan rekayasa mesin-mesin konversi energi dan energi terbarukan.
  3. Mampu merancang dan mengembangkan sistem mekanika teknik yang meliputi proses dan alat-alat produksi dan manufaktur serta kehandalan struktur dan mekanismenya.
  4. Mampu menganalisis perilaku mekanika fluida dan termodinamika yang meliputi fluida mampu mampat (Compresible) dan tak mampu-mampat (incompressible).
  5. Mampu menganalisis unjuk kerja alat-alat pada proses manufaktur dan produksi yang meliputi proses desain/perancangan, pemotongan, penyambungan, pembentukan ,perakitan dan perlakuan bahan-bahan teknik.
  6. Mampu menganalisis unjuk kerja alat-alat pada proses perpindahan panas dan massa yang meliputi mesin pengkondisian udara, sistem pengering dan efisiensi kalor dan konversi energi pada operasional sistem thermal.