Kurikulum Silabus

Pelaksanaan kurikulum Pendidikan Sarjana Teknik Mesin Jenjang S-1 adalah 8 (delapan ) semester yang dikelompokkan sesuai dengan Kepmendiknas Nomor 045/U/2002 tentang kurikulum inti Pendidikan Tinggi dan selanjutnya dikembangkan menjadi kurikulum 2019-2020 Program Studi Teknik Mesin FTI ITN Malang yang terdiri atas:

  1. Kompetensi Utama   =   97 sks
  2. Kompetensi Pendukung   =   43 sks
  3. Kompetensi Lain  =    4 sks

______________________________

Jumlah       =  144 sks

Kompetensi pada kelompok matakuliah sebesar 144 sks yang dimaksud adalah:

  1. Mampu memahami dasar-dasar perancangan, analisis dan penerapan pemesinan, material dan konversi energi.
  2. Mampu memahami dan menerapkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang ilmu material teknik, manufaktur/produksi dan konversi energi.
  3. Mampu melakukan sintesa dan kegiatan kreativitas yang bersifat inovatif di bidang ilmu teknik mesin.

Kurikulum Teknik Mesin S-1 ITN Malang dikembangkan dan dilaksanakan berbasis standar kompetensi lulusan perguruan tinggi (SNPT, Permenristekdikti No. 44 Tahun 2015), dengan memperhatikan perubahan kondisi global (mengenai persyaratan, persaingan, dan orientasi kerja) dan perubahan paradigma perkembangan IPTEK dan sistem belajar-mengajar serta senantiasa mengedepankan kondisi dan potensi nilai-nilai lokal menuju mutu kreativitas proses pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan masyarakat pengguna (stakeholders)/dunia kerja.

Pada periode tahun 2014 hingga 2020 Jurusan Teknik Mesin Program Studi Teknik Mesin S-1 dalam pengelolaannya berdasarkan Buku Pedoman Pendidikan Tahun 2017-2018 Teknik Mesin ITN Malang menerapkan kurikulum berbasis kompetensi dengan metode pembelajaran student centered learning yang berkembang dengan penerapan yang mengarah pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yakni memiliki learning outcomes atau capaian pembelajaran sesuai level 6 KKNI untuk pendidikan tingkat sarjana teknik (strata satu). Ciri kompetensi utama adalah kemampuan peserta didik menguasai bidang ilmu teknik material dan manufaktur dan teknik konversi energi yang menjadi capaian pembelajaran sesuai kualifikasi level 6 KKNI.

Program studi Teknik Mesin S-1 memiliki muatan 3 bidang peminatan/keahlian, antara lain bidang Teknik Material, Manufaktur dan Teknik Konversi Energi yang dikelompokkan dalam tiga kompetensi, yakni: (a) Kompetensi Utama: 97 sks, (b) Kompetensi Pendukung: 43 sks, (c) Kompetensi Lainnya: 4 sks. Dengan  jumlah satuan  kredit semester adalah 144 sks, jumlah total semester adalah 8 semester yang terbagi dalam 52 mata kuliah, yang masing-masing kelompok mata kuliah berdasarkan kompetensi tersebut memiliki perbandingan persentase bobot sks yakni untuk kompetensi utama sebesar 67,4%, kompetensi pendukung 29,8%, kompetensi lainnya 2,7%, yang dapat ditempuh selama tujuh hingga delapan semester masa studi.

Selengkapnya Buku Kurikulum dan Silabus Teknik Mesin Tahun 2019/2024, bisa didownload melalui laman berikut: https://www.itn.ac.id/wp-content/uploads/2019/08/1-KURIKULUM-TEKNIK-MESIN-S1-2019-2024.pdf