Peraturan Program Studi.

SKRIPSI

Mahasiswa dapat mengembangkan diri pada perencanaan, penelitian dan menganalisanya dengan memadukan beberapa bidang ilmu Teknik Material dan Manufaktur, dan Teknik Konversi Energi pada ruang lingkup yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memecahkan permasalahan

Syarat Pemrograman Skripsi

  1. Sudah menyelesaikan minimal 132 Sks dengan Indek Prestasi Komulatif IPK ≥ 00 sesuai dengan Daftar Presatasi Akadenik (DPA) yang dikeluarkan oleh rekording Jurusan.
  2. Sudah menyelesaikan tugas praktikum, tugas matakuliah dan tugas lain sesuai akademik
  3. Sudah mengikuti semua mata kuliah Kelompok Kompetensi Utama
  4. Telah menyelesaikan PKN dan sudah mendapatkan bukti selesai PKN.
  5. Mahasiswa mengurus administrasi untuk persiapan Skripsi.

Prosedur Pemrograman dan Penyelesaian Skripsi

  1. Memprogram skripsi dalam FRS setelah persyaratannya terpenuhi dan memproleh blanko permohonan skripsi.
  2. Mengajukan judul skripsi kepada Ketua Kelompok Dosen Keahlian dengan pokok bahasan sesuai kompetensi kelompok matakuliah yang dipilih dan untuk memproleh persetujuannya pada blanko permohonan skripsi.
  3. Konsultasi dengan ketua jurusan/Prodi untuk mendapatkan pengarahan dan persetujuan tentang Dosen pembimbing pada blanko permohonan skripsi.
  4. Mendapatkan persetujuan dari Dosen Pembimbing pada blanko permohonan skripsi dan selanjutnya membuat proposal skripsi dengan bimbingan Dosen Pembimbing.
  5. Penerbitan Surat Keputusan untuk proses pembimbingan skripsi oleh Dosen Pembimbing setelah proposal skripsi dievaluasi dalam seminar proposal.

Proposal Sripsi

  1. Proposal skripsi yang telah dibuat dan disetujui oleh Dosen Pembimbing, diajukan kepada Ketua Klompok Dosen yang bersangkutan.
  2. Proposal skripsi diseminarkan untuk dievaluasi oleh paling sedikit dua Dosen pengamat yang ditunjuk oleh Ketua Jurusan atas usul ketua kelompok Dosen yang bersangkutan dan diikuti oleh mahasiswa yang telah dan atau sedang memprogram mata kuliah konsentrasi.

Seminar Hasil Skripsi

  1. Seminar hasil skripsi diselenggarakan untuk dapat diikuti oleh semua Dosen dan mahasiswa yang telah dan atau sedang memprogram mata kuliah konsentrasi.
  2. Persyaratan pemakalah seminar hasil skripsi adalah sebagai berikut :
    1. Telah mempunyai surat Ketua Jurusan untuk proses pembimbingan skripsi.
    2. Telah memenuhi persyaratan jumlah kehadiran paling sedikit 15 kali mengikuti seminar proposal skripsi dan atau hasil skripsi secara aktif di Jurusan, dengan bukti tertera pad blanko seminar skripsi.
    3. Telah memperbanyak makalah seminar skripsi yang telah disetujui oleh Dosen Pembimbing dengan ekslempar sesuai kebutuhan.
  3. Materi makalah seminar hasil skripsi berorientasi pada materi skripsi, yang terbagi dalam pendahuluan, landaan teori, metode penelitian, pembahasan hasil dan kesimpulan.
  4. Penilaian seminar skripsi meliputi : Isi pembahasan, penyajian/presentasi materi, pemecahan masalah dan kemampuan dalam menjawab pertanyaan dari peserta seminar

Persayaratan Ujian Skripsi

  1. Telah menyelesaikan paling sedikit 132 sks (tidak termasuk bobot sks skripsi) dengan IPK >= 2,00, tidak ada nilai E, jumlah sks dengan nilai D dan atau D+ tidak melebihi 10% dari jumlah sks yang telah ditempuh, dan semua mata kuliah wajib konsentrasi yang dipilih nilai minimumnya C dengan Index Prestasi Komulatif Konsentrasi >= 2,5.
  2. Telah menyerahkan naskah lengkap skripsi beserta nilainya dari Dosen Pembimbing ke Rekording Jurusan sebanyak lima ekslempar termasuk yang asli.

Evaluasi Ujian Skripsi

Evaluasi Ujian Skripsi berdasarkan penilaian dari dua penguji. Penentuan hasil akhir ujian skripsi dilakukan Sidang Majelis Penguji. Nilai hasil ujian skripsi yang dipergunakan adalah nilai angka (0 -100) dan dinyatakan lulus ujian skripsi bila nilai rata – rata dari semua penguji skripsi dan penguji komperhesif nilainya >= 55.Penentuan akhir ujian skripsi dan yudisium dilakukan oleh Jurusan berdasarkan Peranturan yang tercantum pada Peraturan Penyelenggaraan Pendidikan Fakultas Teknik Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang.

Bagi mahasiswa yang sedang memprogram skripsi, agar lebih mudah dalam melaksanakan skripsi dapat mengunduh panduan skripsi disini : Panduan Skripsi

Untuk mempermudah membuat rekapan konsultasi dosen pembimbing, silahkan mendownload log book pada tautan berikut : Log Book

Untuk melengkapi administrasi mengenai skripsi dapat mengunduh form form berikut :

  1. Form Permohonan Skripsi
  2. Form Pengajuan Judul
  3. Form Seminar
  4. Form Pengajuan Kompre
  5. Form Perbaikan Skripsi