Struktur Organisasi

Struktur organisasi prodi Teknik MesinS-1 ITN Malang dibuat sebagai upaya untuk membangun Tata Pamong yang baik (good governance) sehingga program studi dapat mewujudkan; visi, misi, tujuan serta sasaran program kerja secara efektif. Struktur organisasi prodi Teknik Mesin ditunjukkan pada gambar, yang memiliki garis koordinasi yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing unit di tingkat program studi Teknik Mesin S-1. Semua sistem Tata Pamong yang meliputi definisi tugas pokok dan fungsi tersebut mengikuti dokumen Pedoman Tugas pokok dan Fungsi unit Kerja Organisasi ITN Malang 2015-2020.

Fungsi dan tugas pokok dari masing-masing unit atau bagian bagian dari struktur organisasi Tata Pamong dalam prodi Teknik Mesin sbb:

  1. Ketua Prodi, Teknik Mesin S-1 (dibantu oleh sekretaris prodi yang perannya didukung oleh tenaga administrasi. Secara garis koordinasi, peran dan fungsi Ketua Prodi merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi  kegiatan tridarma melalui, kepala laboratorium dan dosen koordinator bidang keahlian serta tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Ketua program studi merupakan pejabat struktural yang memiliki peran akademik dan administrator dan bertanggung jawab terhadap pelaksanaan aktivitas akademis dan kegiatan administrasi. Tugas pokok Kaprodi, antara lain: (a). Melaksanakan pendidikan dan pengajaran. (b). Mengendalikan pelaksanaan proses belajar mengajar. (c). Mengelola dan mengontrol pemanfaatan aset laboratorium, yang selanjutnya tugas pokok tersebut dijabarkan menjadi: (a).  Merencanakan, melaksanakan, mengawasi kegiatan tridarma ditingkat prodi, mengevaluasi penerapan kurikulum, kegiatan proses belajar mengajar, mengkoordinasikan pelaksanaan perwalian/pembimbingan akademik/non akademik, koordinasi pelaksanaan ujian-ujian, mengkoordinasikan penyelenggaraan kegiatan praktikum dan studio. (b). Membina tenaga kependidikan dan staf administrasi Program Studi. (c). Membina, mengarahkan dan mengevaluasi kegiatan-kegiatan HMJ. (d). Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan.
  2. Sekretaris Prodi, merupakan jabatan struktural yang bertanggung jawab terhadap administrasi dan mendukung tugas pokok dan fungsi dari Ketua  Prodi. Pembagian tugas dan kewenangan dari sekretaris prodi adalah mengatur efektivitas kegiatan administrasi di prodi. Tugas Sekprodi, antara lain: (a). Melaksanakan administrasi surat menyurat Program Studi (b). Membantu Kaprodi dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (c). Melaksanakan tugas lain yang yang diberikan oleh Pimpinan.
  3. Kepala Laboratorium, merupakan jabatan struktural yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan dan pelaksanaan aktivitas pembelajaran di laboratorium. Kepala laboratorium memilki garis koordinasi struktural yang bertanggung jawab langsung kepada Ketua Prodi. Tugas Kepala laboratorium, antara lain: (a). Memimpin penyelenggaraan kegiatan laboratorium (b). Merencanakan, melaksanakan, mengawasi, mengevaluasi kegiatan laboratorium (c). Merencanakan dan membuatusulan anggaran kegiatan laboratorium. (d). Mengkoordinasikan dan membuat usulan anggaran kegiatan laboratorium (e). Bertanggung jawab penggunaan dan pemeliharaan peralatan laboratorium (f). Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan.
  4. Dosen Koordinator Bidang Keahlian, memiliki peran untuk mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan bimbingan langsung kepada mahasiswa dan mengakomodasi pendapat para dosen berkaitan dengan bidang ilmu. Tugas Dosen Koordinator bidang keahlian, antara lain: (a). Mengarahkan dan memberikan persetujuan judul skripsi dan PKN mahasiswa (b). Peninjauan terhadap kurikulum, Rencana Pembelajaran Semester (RPS), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Silabus program studi (c). Monitoring kesesuaian Materi perkuliahan-Soal ujian dengan Silabus (d). Monitoring Buku ajar yang disusun oleh Kelompok dosen.
  5. Dosen, menjalankan tugas tridarma perguruan tinggi dan bekerja sama dengan koordinator bidang keahlian ataupun Kaprodi untuk menjalankan tujuan kurikulum silabus dalam mewujudkan visi, misi dan tujuan prodi. Tugas dosen: melaksanakan tridarma dengan baik dan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan.
  6. Tenaga Kependidikan, sebagai pendukung dan pelaksana kegiatan administrasi di prodi memiliki tugas pokok dan fungsi sesuai tanggung jawab masing-masing di setiap unit pelaksana, seperti laboratorium, perpustakaan, bengkel dan unit kegiatan mahasiswa yang memiliki garis koordinasi langsung kepada Ka Tugas Tenaga kependidikan antara lain: (a). Melaksanakan kegiatan administrasi umum; pendidikan dan pengajaran; kemahasiswaan dan alumni; (b). Melakukan pemrosesan Kartu Rencana studi (KRS), Kartu Hasil Studi (KHS), dan tugas-tugas lain yang diberikan Pimpinan.
  7. Ketua Penjaminan Mutu Prodi, memiliki tugas untuk memastikan bahwa operasional dan penyelenggaraaan di program studi berjalan sesuai dengan pedoman dan peraturan yang ada.