Visi
Visi program studi Teknik Mesin S-1 adalah terwujudnya program studi Teknik Mesin S1 yang unggul dan profesional dalam pengelolaan proses pembelajaran untuk menghasilkan lulusan berkemampuan berkarya, inovatif, kreatif dalam pengembangan dan penerapan ilmu Teknik Mesin yang berorientasi pada pasar kerja guna menunjang daya saing pembangunan nasional serta berperan di tingkat internasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik yang kondusif dan responsif terhadap pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang berkelanjutan berdasarkan nilai etika iman dan taqwa (IMTAQ) serta budaya luhur bangsa.
  2. Menyelenggarakan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dalam kegiatan pemenuhan kebutuhan masyarakat, bidang Teknik Material dan Manufaktur, dan Teknik Konversi Energi dalam kerekayasaan serta penerapannya sesuai tuntutan dan perkembangan kompetensi dan kerangka kualifikasi nasional Indonesia tingkat sarjana teknik.
  3. Mengembangkan serta menjaga nilai dan etika moral akademik dalam upaya meningkatkan profesi dan peran serta di bidang perkembangan ilmu Teknik Material dan Manufaktur, dan Teknik Konversi Energi di tingkat nasional dan internasional.
  4. Menghasilkan lulusan sarjana teknik mesin yang memiliki kompetensi dan kualifikasi nasional yang mampu berkontribusi di tingkat global.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang mampu mengidentifikasi, merumuskan, dan menyelesaikan bidang teknik mesin dengan menerapkan sains dan ilmu teknik mesin.
  2. Mampu menganalisis dan merancang komponen, sistem, atau proses untuk keperluan dalam bidang Teknik Material dan Manufaktur, dan Teknik Konversi Energi.
  3. Mampu merancang dan melakukan eksperimen, serta dapat menganalisa dan menginterpretasi data dibidang ilmu Teknik Material dan Manufaktur, dan Teknik Konversi Energi.
  4. Mampu berperan aktif baik sebagai individu maupun dalam kelompok multidisiplin ilmu dan budaya serta memahami dan memiliki komitmen terhadap nilai-nilai etika dan profesi di bidang ilmu Teknik Mesin.
  5. Memiliki jiwa kewirausahaan dan penguasaan proses untuk menghasilkan inovasi karya serta memiliki kemampuan dan kemauan untuk belajar sepanjang hayat.